Jumat, 24 Agustus 2012

Filled Under:

Cara Menghitung Akar Pangkat Tiga


Mencari akar pangkat tiga dari suatu bilangan diatas angka 1000 kok susah banget ya….. tapi, padahal ga terlalu susah lohhh.. Disini ada cara menentukan akar pangkat tiga dan caranya ada tiga macam….
1.        Cara yang pertama pake kalkulator, komputer atau alat bantu hitung sejenisnya…..
mudah kan tinggal pencet-pencet he…..kalo ada cara mudah gini kenapa repot-repot, ya kan…..kalo ga da barangnya baru ngitung manual kayak cara selanjutnya…….
2.       Nah skrg agak serius dikit pake cara faktorisasi prima……
bilangan yang akan dicari akar pangkat tiganya difaktorisasi prima kan……hasil dari faktorisasinya itu dijadikan perkalian tiga bilangan yang sama besar……nah, bilangan yang sama besar itulah hasil akar pangkat tiganya……..biar lebih jelas langsung pake contoh aja ya…….misalkan berapa akar 3375?
langkahnya yaitu faktorisasi prima kan 3375, yaitu menja di 3375 = 3 x 3 x 3 x 5 x 5 x 5……kemudian hasilnya dikelompokkan menjadi 3 bilangan sama besar sehingga menjadi 3375 = (3×5) x (3×5) x (3×5) => 3375 = 15 x 15 x15……hasilnya ketemu deh 15…….mudah kan…..
3.        Cara yang ketiga pake cara mencoba2…..
akar pangkat tiga dari bilangan yang terdiri dari empat hingga enam angka dapat ditentukan dengan cara mencoba2…..langsung pake contoh aja ya…..misalnya cari akar pangkat tiga dari 3375 yang akan dicoba pake cara mencoba2……
pertama akan ditentuin nilai puluhannya dulu…..perhatikan angka ribuannya, yaitu 3…..carilah bilangan pangkat tiga dasar terbesar di bawah angka 3 ini……ketemu 1 kan, karena 1 = 1^3…..jadi angka puluhannya ketemu 1…..
selanjutnya akan ditentuin nilai satuan bilangan yang di cari…….perhatikan angka terakhir dari 3375, yaitu 5……bilangan pangkat tiga dasarnya ketemu 125 deh, karena 125 = 5^3…..jadi didapat bilangan satuannya 5…..
dan akhirnya ketemu deh akar pangkat 3 dari 3375 pake cara mencoba2 yaitu 15……
ternyata mudah kan

1 komentar:

Bagaimana komentar sobat tentang artikel ini? Silakan isi komentar di bawah ini!